Inilah Cara Merawat dan Menjaga Jok Mobil Berdasarkan Jenis Bahan Pelapis

Sewa mobil semarang, rental mobil semarang, harga rental mobil semarang

Jok mobil merupakan salah satu bagian dari interior mobil yang penting untuk dijaga kebersihannya. Jok mobil yang bersih tentu akan memberikan rasa nyaman bagi penumpang dan pengemudinya. Mobil yang mahal jika tidak terawat tentu saja tidak nyaman digunakan.

 

Salah satu cara paling mudah merawat jok mobil adalah dengan memberikan pelapis atau pembungkus jok mobil. Ada beberapa jenis jok mobil namun, sebelum mengetahui cara merawat jok mobil, ada baiknya Anda mengenali dulu jenis pelapis jok mobil yang sering digunakan, seperti berikut:

 

Sarung Jok Non Permanen

Sarung jok non permanen merupakan pelindung jok mobil yang bersifat tidak permanen atau hanya disarungi saja. Pemasangan sarung jok mobil ini hanya dikaitkan ke badan jok mobil dengan biasa menggunakan tali karet, kancing, atau ritsleting pada bagian bawah jok mobil. Walaupun pemasangannya cukup mudah namun, pemasangan sarung jok yang tidak permanen ini terkadang akan terlihat tidak sesuai. Dikhawatirkan dapat merusak jok asli mobil.

 

Sarung Jok Paten

Pada pemasangan sarung jok paten dilakukan dengan melepaskan sarung jok asli mobil dan diganti dengan bahan sesuai pilihan Anda. Proses pemasangannya disesuaikan dengan standar pabrik. Jenis sarung jok mobil paten lebih nyaman dan rapi daripada sarung jok non paten, walaupun harganya relatif lebih mahal.

 

Merawat jok mobil menjadi bagian yang penting untuk menjaga kenyamanan saat berkendara walaupun jok mobil sudah dilapisi dengan sarung pelindungnya. Banyak cara merawat jok mobil yang dapat dilakukan namun, harus diperhatikan lagi jenis sarung jok mobil yang mobil Anda miliki. Jenis bahan jok mobil yang berbeda memiliki cara merawat jok mobil yang berbeda pula agar tidak merusak bahan pelapis jok mobil.

 

Berikut cara merawat dan menjaga jok mobil berdasarkan jenis bahan pelapisnya:

 

Soft Fabric atau Jok Beludru

Cara merawat jenis jok kulit bawaan dari pabrik harus berhati-hati agar tidak merusak jok kulit. Untuk membersihkan debu dan kotoran Anda cukup menggunakan penyedot debu serta cairan pembersih khusus untuk bahan beludru, sikat menggunakan sikat yang berbulu lembut secara perlahan pada area yang kotor. Lalu keringkan dengan membuka semua pintu mobil.

 

Agar bahan jok beludru Anda tidak mudah rusak sebaiknya hindari memarkir mobil langsung dibawah terik matahari. Jika terpaksa, Anda dapat menggunakan sun visor serta jika terkena noda sebaiknya segera dibersihkan agar noda tidak menjadi permanen. Sebaiknya Anda menjadwalkan untuk membersihkan mobil minimal setiap 3 bulan sekali.

 

Genuine Leather atau Jok Kulit Original

Cara membersihkan jok kulit sebaiknya gunakan penyedot debu untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau serta gunakan plas chamois yang sudah dibasahi untuk mengusap permukaan jok. Semprotkan sedikit cairan pembersih pada area yang akan dibersihkan lalu disikat dengan lembut dan segera lap dengan kain microfiber yang bersih. Jangan menyemprotkan cairan pembersih pada area yang belum dibersihkan karena cairan akan cepat mengering dan menjadi noda.

 

Synthetic Leather atau Jok Semi Kulit

Membersihkan noda yang menempel pada jok gunakan obat pembersih jok yang khusus untuk bahan semi kulit yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sampo atau pembersih kaca jika tidak mendapatkan obat pembersih tersebut. Hindari penggunaan deterjen atau alkohol karena kedua zat tersebut bisa menyebabkan jok yang terbuat dari semi kulit mudah rusak.

 

Cara merawat jok mobil tidaklah sulit, kuncinya Anda harus rajin membersihkan jok mobil secara rutin minimal 3 bulan sekali. Itulah tips merawat jok mobil yang bisa dilakukan sendiri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Chat Whatsapp
Hubungi Kami via Whatsapp